Bulan Ramadhan Anugerah Allah Yang Agung (Bag. 4)

Baca pembahasan sebelumnya: Bulan Ramadhan Anugerah Allah Yang Agung (Bag. 3)

Di Dalam Bulan Ramadhan Terdapat Lailatul Qadar

Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ* وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ* لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur`an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan” (Al-Qadr:1-3)

Maksudnya yaitu amal yang dilakukan pada malam itu lebih baik dari amal yang dilakukan di seribu bulan yang tidak terdapat Lailatul Qadar di dalamnya, demikian pula masalah pahalanya.

Berkata Sa’id bin Al-Musayyib rahimahullah menjelaskan ayat di atas:

من شهد المغرب والعشاء في جماعة فقد أخذ بحظه من ليلة القدر

“Barangsiapa yang menghadiri sholat Maghrib dan Isya secara berjama’ah, maka ia telah mengambil bagiannya (mendapatkan keutamaan) dari malam Lailatul Qadar”  (Tafsir Al-Baghawi: 4/ 658).

Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah berkata Telah sampai kepadaku (tafsir) dari Mujahid tentang firman Allah,

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

beliau berkata,

عملها، صيامها وقيامها خير من ألف شهر

“Beramal, berpuasa dan sholat pada malam Lailatul Qodar lebih baik (melakukan ibadah tersebut daripada) seribu bulan (selainnya). Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir” (Tafsir Ibnu Katsir: 5/238).

As-Sa’di rahimahullah menjelaskan, “(Dengan anugerah Lailatul Qodar tersebut) umur seseorang makmur, (hakekatnya) dipanjangkan umurnya (secara maknawi), (yaitu) delapan puluh sekian tahun (sepadan seribu bulan, pent.)” (Tafsir As-Sa’di).

Semoga Allah menganugerahkan malam Lailatul Qodar kepada kita. Amiin.

Baca pembahasan selanjutnya: Bulan Ramadhan Anugerah Allah Yang Agung (Bag. 5)

***

Penulis: Ust. Sa’id Abu Ukasyah

Artikel Muslim.or.id

Related posts

Leave a Comment