Perusak Keislaman

PERUSAK KEISLAMAN Allah Azza wa Jalla telah memberikan karunia yang sangat berharga kepada umat ini. Pengutusan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam  sebagai Rasulullâh dengan membawa agama Islam merupakan nikmat agung. Allah Azza wa Jalla berfirman : لَقَدْ مَنَّ اللّٰهُ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ اِذْ بَعَثَ فِيْهِمْ رَسُوْلًا مِّنْ اَنْفُسِهِمْ يَتْلُوْا عَلَيْهِمْ اٰيٰتِهٖ وَيُزَكِّيْهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَۚ وَاِنْ كَانُوْا مِنْ قَبْلُ لَفِيْ ضَلٰلٍ مُّبِيْنٍ   Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus di antara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, membersihkan…

Read More

Riya’: Ujian bagi Orang-Orang Saleh

Cara setan menggoda seorang hamba sangatlah beragam. Beda jenis dan beda bidang, beda pula cara menggoda dan menghasutnya. Hamba yang berprofesi sebagai pedagang, maka dihasut untuk memakan harta riba. Kaum hawa digoda agar mengenakan perhiasan yang diharamkan. Begitu pula dengan hamba yang saleh, maka setan akan menggoda mereka melalui pintu riya’. Imam At-Tayyibi rahimahullah mengatakan tentang riya’, ”Ia merupakan tipuan hawa nafsu dan intrik kejahatan yang paling berbahaya, ujian bagi para ulama, ahli ibadah dan mereka yang antusias bersemangat meniti jalan akhirat.” Sungguh riya’ merupakan jebakan paling tersembunyi, namun sangat…

Read More

Tips Menjaga Kualitas Sperma yang Sehat

[Rubrik: Kesehatan] Manusia diciptakan oleh Allah dari mani (sperma) yang bersatu dengan sel telur (ovum) di dalam rahim lalu Allah menjadikannya segumpal darah. Itulah ketetapan Allah yang ditetapkan pada manusia. Allah berfirman, اَلَمْ يَكُ نُطْفَةً مِّنْ مَّنِيٍّ يُّمْنٰى ثُمَّ كَانَ عَلَقَةً فَخَلَقَ فَسَوّٰىۙ فَجَعَلَ مِنْهُ الزَّوْجَيْنِ الذَّكَرَ وَالْاُنْثٰىۗ “Bukankah dia dahulu setetes mani yag ditumpahkan (ke dalam rahim), kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Allah menciptakannya dan menyempurnakannya. Lalu Allah menjadikan daripadanya sepasang laki-laki dan perempuan.” (QS Al-Qiyamah, 37-39) Sperma adalah elemen penting dalam reproduksi. Laki-laki yang memiliki kelainan…

Read More

Sebesar Antusias Nabi Musa ‘alaihissalam Dalam Menuntut Ilmu

Perjalanan menuntut ilmu merupakan perjalanan penuh perjuangan sekaligus kebiasaan menakjubkan para salafus saleh bahkan para Nabi. Sebagaimana kisah Nabi Musa ‘alaihissalam untuk bertemu dengan Nabi Khidhir ‘alahissalam. Sungguh bukan pengalaman biasa namun sebuah kisah perjalanan yang diabadikan dalam kitab al-Quran. Ini bukti nyata bahwa menuntut ilmu syar’i itu diperintahkan Allah Ta’ala. Allah Azza wa Jalla berfirman, وَاِذْ قَالَ مُوْسٰى لِفَتٰىهُ لَآ اَبْرَحُ حَتّٰٓى اَبْلُغَ مَجْمَعَ الْبَحْرَيْنِ اَوْ اَمْضِيَ حُقُبًا “Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada (muridnya), ‘Aku tidak akan berhenti berjalan sebelum sampai ke pertemuan dua buah lautan atau aku…

Read More

Lebih dari 100 Keutamaan Orang Berilmu dari Kitab Miftah Daar As-Sa’adah

Berikut adalah ringkasan dari pembahasan Ibnul Qayyim dari kitab Miftah Daar As-Sa’aadah mengenai keutamaan orang berilmu.   Keterangan: nomor urut yang dalam kurung (# …) adalah nomor urut di kitab Miftah Daar As-Sa’adah karya Ibnul Qayyim.   Pertama (#11): Orang berilmu berbeda dengan orang tidak berilmu Sebagaimana penduduk surga dan neraka itu tidaklah sama. Allah Ta’ala berfirman, قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ “Katakanlah: “Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” (QS. Az-Zumar: 9) Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman, لَا يَسْتَوِي أَصْحَابُ النَّارِ وَأَصْحَابُ الْجَنَّةِ ۚ…

Read More

Circle Group

ADA ada dengan circle group terutama di medsos? Terutama di WA? Ngakak subuh-subuh lihat meme ini tuh. Tapi iya sih, ada benernya juga di kenyataan. Dulu jamannya FB dan BBM semingit banget dah ngumpulin temen-temen yang berserak, sambung menyambung menjadi satu, masuklah dalam satu group. Udah capek-capek ngumpulin kontaknya, groupnya awal awal rameeee… ber hay huy ria. Tapiiii palingan bertahan berapa hari aja. Udahnya pada bikin circle group sendiri-sendiri, dah group langsung kayak malam kudus, sunyi senyap 😁. Kadang nih ada juga yang posting, yang ngeresponse tuh akan sangat bergantung…

Read More

Kemenkes Rilis Daftar Terbaru Obat Sirup yang Boleh dan Tak Boleh Dipakai

KEMENKES (Kementerian Kesehatan) RI memperbarui anjuran penggunaan obat sirup di tengah kekhawatiran kasus gagal ginjal akut Indonesia akibat cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG). Dalam surat edaran No HK.02.02/III/3713/2022, daftar obat aman yang sebelumnya dirilis BPOM RI boleh digunakan terkecuali berasal dari PT Afi Farma, PT Yarindo Farmatama, hingga PT Universal Pharmaceutical Industries. Edaran Kemenkes RI yang dirilis 11 November menjadi rujukan terbaru penggunaan obat sirup di luar daftar 73 obat sirup terlarang yang dicabut izin edarnya oleh BPOM RI. Seperti diketahui, BPOM RI sempat merilis 198 daftar…

Read More

Rektor IPB Sebut 116 Mahasiswanya Terjerat Pinjol

REKTOR Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria mengungkapkan bahwa ratusan mahasiswanya saat ini terjerat pinjaman online (pinjol). Arif menyebutkan, dari data sementara ada sekitar 116 mahasiswa IPB yang terjerat pinjol. “Yang terkena tidak hanya mahasiswa IPB. Mahasiswa kampus lain juga terkena,” ujar Arif kepada wartawan, Selasa (15/11/2022) pukul 20.37 WIB. “(Mahasiswa IPB) Yang terkena penipuan 116 (orang),” imbuh Arif. IPB masih mengumpulkan data-data aduan pinjol. Arif mengatakan IPB akan mendampingi mahasiswa dalam penyelesaian masalah ini, termasuk di dalamnya adalah pendampingan hukum. BACA JUGA: Viral Curhatan Wanita Dipaksa Orang Tua Utang Rp…

Read More

Inilah Gambaran Rumah Rasulullah

RASULULLAH ﷺ yang merupakan seorang pemimpin dunia ini tak pernah hidup mewah semuanya serba sederhana. Karena mewah tak menjamin aman ataupun nyaman. Rumah Rasulullah merupakan rumah kenabian yang dipenuhi dengan keberkahan. Gambaran Rumah Rasulullah: Kamar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam Kamar-kamar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dibangun di atas pelepah kurma, tembok-temboknya terbuat dari batu-batu yang disusun dengan tanah liat, atapnya terbuat dari pelepah kurma. Al-Hasan al-Bashri rahimahullah berkata, “Saya masuk rumah istri-istri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pada masa khilafah Utsman bin ‘Affan radhiallahu ‘anhu, saya dapat memegang atapnya dengan kedua tanganku”.…

Read More

Turki Tangkap 50 Orang Terkait Bom di Istanbul, Salah Satunya Wanita Bernama Ahlam Albashir

PIHAK keamanan Turki menangkap 50 orang yang diduga memiliki keterlibatan dengan pemboman yang terjadi di Istiklal Avenue, Istanbul. Aksi teror yang terjadi pada hari Minggu (13/11/2022) itu menewaskan enam orang dan melukai puluhan lainnya. Polisi melakukan penggerebekan di Istanbul beberapa jam setelah ledakan dan menahan 48 orang, termasuk seorang wanita Suriah yang diduga meninggalkan bom bermuatan TNT di Istiklal Avenue. Polisi mengatakan, wanita itu diidentifikasi sebagai Ahlam Albashir yang telah menyeberang ke Turki dari Suriah secara ilegal. Albashir mengaku melakukan serangan itu. BACA JUGA: Ledakan Bom Terjadi di Istanbul Turki, 6…

Read More